Saturday, January 17, 2015

Bung Hatta dan Buku Alam Pikiran Yunani

Di negeri ini siapa yang tidak kenal Bung Hatta atau yang bernama lengkap Mohammad Hatta, seorang Ploklamator ulung adalah sosok yang mungkin sangat sulit untuk dilupakan oleh bangsa ini.

Terobosan-terobosan taktik politik nya tidak bisa diragukan lagi, kamahirannya dalam berdiplomasi pun patut kita ancungi jempol, keberhasilan nya dalam memaksa belanda untuk mengakui kadaulautan Indonesia dalam konfrensi meja bundar 1949 mungkin menjadi salah satu contoh dari kehebatannya

Selain sosok pemimpin negara yang dianggap jujur dan  kalem, beliau juga dikenal sebagai salah satu pemimpin negara yang sangat teooritis. karakter bung hatta ini tentunya bukan lahir begitu saja, kebiasaan nya dalam menbaca buku menjadikannya seorang yang sangat teoritis dan idealis.

Mohammad Hatta (Bung Hatta)

Bung Hatta di Perpustakaan Pribadinya

Selain membaca buku bung hatta juga sering menulis buku, diantara banyak buku yang ditulis oleh bung hatta mungkin buku pikiran alam yunani menjadi salah satu yang sangat berkesan

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari buku ini, isinya membahas terkait pemikiran filsuf yunani, namun sesuatu yang menjadi unik dari buku ini adalah faktor kegunaannya kalau biasanya sebuah buku hanya digunakan untuk dibaca ataupun dijadikan referensi tidak demikian dengan buku ini.

Buku alam pikiran yunani juga digunakan oleh bung hatta sebagai mahar dalam mempersunting istrinya Rahmi Rachim, hal ini tentu mengejutkan sekaligus unik karena hal ini sangat jauh dari kebiasaan orang yang menikah pada kebiasaanya.

Tindakan bung hatta ini awalnya mendapat pertentangan dari sang ibunda beliau, namun pada pada akhirnya  ibunda beliau dapat menerima dan mendukung tindakan sang anak

Bung Hatta dan Sang Istri

Barang kali bung hatta secara tidak langsung ingin memberikan sesuatu yang sangat berharga baginya untuk sang istri, hal ini juga mempertegas bahwa seorang Mohammad Hattta tidak akan pernah bisa dipisahakan dengan bukunya termasuk ketika dia melalukan sesuatu yang besar dalam hidupnya yaitu menikah, buku ini sendiri ditulis oleh bung hatta pada saat beliau berada di pengasingan banda niera.

Dan inilah sosok Mohammad Hatta salah satu tokoh terbaik bangsa yang jasanya sangat luar biasa, kehidupan pribadinya mengesankan, kegemaran nya patut kita contoh, terutama tentang kegemarannya terhadap buku.

Saat beberapa kali diasingkan oleh belanda bung hatta mengeluarkan sebuah pernyataan yang berbunyi " kau boleh memenjarakan ku dimana saja asal jangan kau pisahkan aku dengan buku-buku ku ", penulis rasa pernyataan beliau ini sudah menggambarkan sosok bung hatta yang sangat inspiratif dan pasti sangat luar biasa.

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut