Monday, January 12, 2015

Nanas dan Kura-Kura

Tahun 1892 , Toko Buah Yu mengangkut 50 keranjang nanas dari Laiyang ke Shanghai. Karena perjalanan yang jauh maka nanas-nanas membusuk dan dibuanglah nanas-nanas tersebut

Di seberang Toko Buah Yu ini ada toko kecil yg dihuni sepasang suami istri yang tidak memiliki sesuatu untuk dimakan dan segera memungut nanas yg dibuang itu. Setelah dikupas dan dipotong kecil-kecil dan menjualnya. Bisnis ini berjalan lancar.



Suami istri ini membeli nanas busuk dari Toko Yu. Karena sudah membusuk, Toko Yu dgn senang hati menjual murah. nanas itu diproses menjadi menjadi kue dodol nanas dan terjual laris.

Dalam waktu singkat kue dodol nanas ini menjadi makanan khas daerah Tiongkok Selatan dan sampai ke kerajaan.

Pemilik Toko Yu iri, akhirnya mereka tahu bhw kue dodol nanas itu terbuat dari nanas busuk. di malam harinya Yu menulis tiga aksara “Tian Zhi Dao” (Langit Tahu) lalu menempelnya di pintu toko kue dodol nanas.

Esok harinya sepasang suami istri melihat tulisan ini. Mereka terperanjat, tahu kalau ada orang yang ingin merusak bisnis mereka. Sang suami tertawadan berucap, “Saya kebetulan sedang berpikir mencari nama toko, hari ini ada orang yg menuliskan nama took dan mengirimnya ke depan pintu bagus sekali.

Kaisar juga pernah memakan kue dodol nanas tokoku, Kaisar adalah Putra Langit di masa ini, jadi sudah seharusnya kalau memakai nama ‘Tian Zhi Dao’.

Oke, saya gunakan tiga aksara ini sebagai nama toko!”

Akibatnya bisnis kue dodol nanas ini menjadi semakin melejit.Yu menjadi berang. Selanjutnya Yu dengan liciknya melukis di dinding toko itu seekor kura-kura yang menyembunyikan kepala di dalam tempurung dengan disertai tulisan: “Tidak tahu malu”


Keesokan harinya, melihat lukisan kura-kura ini, sepasang suami istri itu terdiam, namun sejenak kemudian berucap secara bersamaan, “Kita gunakan kura-kura sebagai logo produk. Kue dodol nanas dapat menyembuhkan batuk dan memperpanjang usia. Kura-kura adalah hewan yangg panjang usianya.” Sejak itu, logo kura-kura menjadi logo yang terkenal di Shanghai.

Pelajaran hidup yang dapat kita ambil dari kisah diatas adalah sebagai manusia kita dilarang iri terhadap keberhasilan orang lain selalu berpikir positif dan yang terakhir yang paling penting adalah bahwa sesungguhnya di tangan orang-orang yang kreatif sesuatu yang sudah busuk pun menjadi sesuatu yang bermanfaat. semoga menjadi pelajaran berharga bagi kita semua..!

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut